Opini

Bangga Menggunakan Kursi Rotan

Selera penggunaan kursi rotan oleh rumah tangga diantaranya diwujudkan melalui penempatan kursi rotan di area rumahnya.

Hasil penelitian di Kota Palu pada tahun 2010 terhadap 123 orang responden yang dipilih secara multi stage cluster dan random sampling, bahwa lebih dari separuh responden menempatkan kursi rotan di teras rumah (51,22%), sisanya ditempatkan di ruang tamu, ruang keluarga dan ruang makan.

Hanya saja penelitian ini tidak sampai meneliti tentang alasan rumah tangga lebih memilih menempatkan kursi rotan di teras rumah, dibandingkan dengan di tempat-tempat lainnya.

Teras rumah merupakan area semi publik, mengingat perabot rumah yang disimpan di area ini dapat dilihat oleh tetangga atau orang yang lewat di depan rumah kita, tetapi tidak sembarang orang bisa masuk pada area ini karena halaman rumah biasanya dipasangi pagar, atau kalaupun tidak dipagar orang relative sungkan untuk berada di teras rumah kita tanpa urusan yang jelas.

Dengan menempatkan kursi rotan di teras rumah, mengindikasikan kursi rotan tidak hanya difungsikan sebagai tempat duduk semata, tetapi juga difungsikan sebagai aksesories rumah yang memiliki nilai estetika. Dengan harga kursi rotan yang umumnya relative lebih murah bila dibandingkan dengan jenis kursi berbahan baku kayu, mereka bisa menghiasi rumahnya menjadi kelihatan lebih indah dan asri. Mereka percaya diri dan bangga memperlihatkan kursi rotan sebagai perabot rumahnya kepada tetangga atau orang yang lewat di depan rumahnya.

Bila kita memperhatikan banjirnya kursi berbahan baku plastik di pasar kita, yang banyak diproduksi bangsa perpenduduk paling banyak di dunia. Saking ingin mempertahankan citra estetik dan alaminya sebuah kursi, maka mereka membuat kursi rotan plastik.

Bagi kita yang cinta budaya bangsa Indonesia disarankan jangan beli produk yang seperti ini, mengingat kerajinan rotan merupakan budaya aseli Indonesia, seperti halnya budaya kerajinan batik.Hasil penelitian di atas memberitahu kita, bahwa ternyata masyarakat bangga menggunakan produk hasil budaya nenek moyang kita, termasuk bangga menggunakan kursi rotan.Maju terus rotan nasional, maju terus rotan Kota Palu …!

About Noer

Salah seorang warga Kota Palu - Provinsi Sulawesi Tengah. Memiliki mimpi menyaksikan terwujudnya kelestarian keanekaragaman hayati, dan kemajemukan masyarakat yang damai serta sejahtera ...

Diskusi

One thought on “Bangga Menggunakan Kursi Rotan

  1. hasil cipta karya anak negeri harus bangga

    Posted by KURSI ROTAN 660 DAN KURSI KARET | 1 Juli 2015, 01:02

Silahkan Ketik Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: