Konservasi Alam

Kardinal Mengerami Telur di Dalam Mulutnya

Banggai Kepulauan, salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Tengah yang terletak di ujung timur Pulau Sulawesi, dengan luas wilayah didominasi oleh perairan laut, memiliki banyak potensi.
Banggai Kepulauan memiliki potensi kelautan yang besar, termasuk diantaranya adalah kardinal. Kardinal merupakan nama jenis ikan hias Ikan kardinal (cardinalfishers) merupakan satwa endemic Sulawesi, berukuran kecil dengan mulut besar. Pada tubuh ikan kardinal (cardinalfishers) terdapat garis atau bintik warna. Umunya, ikan betina memiliki lebih banyak warna daripada ikan jantan.Ikan kardinal (cardinalfishers) ini memakan krustasea kecil, seperti kepiting dan udang kecil serta memakan zooplankton.

Pada malam hari, ikan kardinal (cardinalfishers) mencari makan di sekitar daerah terumbu karang. Sebaliknya pada siang hari, Cardinalfishers bersembunyi di dalam gua atau di antara sela-sela terumbu karang.
Ikan kardinal (cardinalfishers) betina melepaskan telur sampai 3000 butir, yang kemudian dierami oleh cardinalfishers jantan dengan menyimpannya di dalam rongga mulutnya yang besar, dan menjaganya sampai menetas. Cardinalfishers jantan mengerami telur hingga menetas selama kurang lebih 8 hari.
 
Agar kelestarian ikan kardinal (cardinalfishers) dapat terpelihara, maka pemanfaatan terhadap ikan perlu dilakukan secara bijkaksana.   
 

About Noer

Salah seorang warga Kota Palu - Provinsi Sulawesi Tengah. Memiliki mimpi menyaksikan terwujudnya kelestarian keanekaragaman hayati, dan kemajemukan masyarakat yang damai serta sejahtera ...

Diskusi

Belum ada komentar.

Silahkan Ketik Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: