Agribisnis

Perilaku Konsumen Rumah Tangga

Konsumen berarti seorang yang menikmati penggunaan fisik sesuatu benda atau jasa ekonomi (Winardi, 1998:126). Konsumen memberikan sumbangan yang sangat penting bagi perkembangan dan pertumbuhan ekonomi, tanpa konsumen maka produk dan jasa yang dihasilkan perusahaan tidak mungkin bisa laku terjual.

Untuk keberhasilan perusahaan, semua kegiatan pemasaran yang dilakukan harus diarahkan untuk memberikan kepuasan bagi pemenuhan kebutuhan dan keinginan langganan/konsumen, sebagai sasaran pemasaran (Sofjan Assauri, 1987: 89). Begitu pentingnya posisi konsumen bagi pemasar, sehingga Engel at al. (1994:9) menyatakan bahwa konsumen adalah raja. Oleh karena itu konsumen harus menjadi pusat perhatian pemasar, pemahaman yang mendalam akan memungkinkan pemasar dapat mempengaruhi keputusan konsumen, sehinga mau membeli apa yang ditawarkan oleh pemasar. Sebagaimana dinyatakan oleh Peters dan Austin (1985:4) dalam Engel et al. (1994:4) dalam sektor swasta atau publik, dalam perusahaan besar atau kecil, kami mengamati hanya ada dua cara untuk menciptakan dan mempertahankan prestasi unggul dalam waktu yang lama. Pertama, beri perhatian luar biasa kepada pelanggan anda lewat pelayanan yang unggul dan kualitas yang unggul. Kedua, teruslah berinovasi.

Konsumen memiliki keragaman meliputi seluruh individu dari berbagai usia, latar belakang budaya, pendidikan, dan keadaan sosial ekonomi lainnya, sehingga perlu dikenali bagaimana konsumen berperikaku. Menurut Engel et al. (1994:3). Perilaku konsumen didefinisikan sebagai tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi, dan menghabiskan produk dan jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului dan menyusuli tindakan ini. Menurut Lamb et al. (2001:188) perilaku konsumen menggambarkan bagaimana konsumen membuat keputusan-keputusan pembelian dan bagaimana mereka menggunakan dan mengatur pembelian barang atau jasa. Pelajaran mengenai perilaku konsumen juga menyangkut analisa faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian dan penggunaan produk. Sedangkan menurut American Marketing Association dalam Nugroho J. Setiadi (2003:3) bahwa perilaku konsumen merupakan interaksi dinamis antara afeksi dan kognisi, perilaku dan lingkungannya dimana manusia melakukan kegiatan pertukaran dalam hidup mereka.

Terdapat ide penting diantaranya bahwa perilaku konsumen adalah dinamis. Hal ini berarti bahwa perilaku seorang konsumen selalu berubah dan bergerak sepanjang waktu. Implikasinya adalah bahwa generalisasi perilaku konsumen biasanya terbatas untuk jangka waktu tertentu, produk  dan individu atau group tertentu. Sifat perilaku konsumen yang dinamis tersebut, hendaknya diperhatikan oleh manajer pemasaran, agar dapat memberikan definisi pasar yang baik untuk mengikuti perubahan yang konsisten dan terus menerus ini, serta untuk merancang strategi bauran pemasaran yang tepat.

About Noer

Salah seorang warga Kota Palu - Provinsi Sulawesi Tengah. Memiliki mimpi menyaksikan terwujudnya kelestarian keanekaragaman hayati, dan kemajemukan masyarakat yang damai serta sejahtera ...

Diskusi

2 thoughts on “Perilaku Konsumen Rumah Tangga

  1. There are online marketers who are using Twitter in the best possible way to build a relationship with their prospects and are
    successful in increasing their sales. Once they start
    doing business with you, all you have to do is keep them buying from you instead of somebody else.
    Regular users of Twitter post short messages on almost anything they wish to
    let other people know, especially the ones who are following them.
    * I promise you that you have never seen anything like this before
    in your life.

    Posted by Caitlyn | 4 Oktober 2014, 11:35

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ping-balik: perilaku konsumen | Heru Tri Manggala - 13 Oktober 2015

Silahkan Ketik Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: