Konservasi Alam

Pesan Pelestarian Hutan Anak ABG

Hari itu, 29 September 2011, saya berada di salah satu SMU paforit di Kota Palu, untuk mengikuti kegiatan kampanye konservasi keanekaragaman hayati. Berada pada lokasi yang relatif masih kosong dari bangunan-bangunan lainnya, dengan angin yang bertiup kencang, membuat suasana agak nyaman kendati udara lumayan panas.

Bangunan yang masih baru, setidaknya terlihat dari warna cat dan atap genting yang masih kinclong, berdiri di atas tanah yang cukup luas. Dari ruang kelas, anak-anak ABG (anak baru gede) berpakaian biru putih keluar dengan senyuman-senyuman tulus, menuju ruang aula untuk bergabung dengan teman-temannya, dari SMU lain. Suara musik dari atas panggung aula terdengar cukup keras, membakar gelora anak-anak muda untuk berjingkrak kegirangan mengikuti irama musik, dan berteriak memanggil nama penyanyi atau beberapa pemain band. Gambaran ini, merupakan beberapa dari banyak kesan yang saya tangkap. Hal lain yang membuat saya terkesan adalah pada saat acara seremonial kegiatan, seperti pembacaan susunan acara dan pidato, seluruhnya disampaikan dalam dua bahasa, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Kekaguman lain saya dari anak-anak ABG ini, dalam kegiatan kampanye ini, mereka memberikan beberapa lukisan slogan tentang konservasi keanekaragaman hayati kepada unsur penyelenggara, sebagai dukungan moral dalam upaya pelestarian keanekaragaman hayati. Dan, ketika panitia menyediakan media berupa kain putih sepanjang 6 meter, mereka dengan lancar menulis pesan-pesan untuk konservasi keanekaragaman hayati. Diantaranya: “lestarikan hutan kita untuk kepentingan bersama”; “jangan biarkan hutan kita musnah”; “alamku hidupku, alam rusak hidupku sengsara”.

Kegiatan kampanye konservasi keanekaragaman hayati merupakan salah satu upaya meningkatkan kesadaran masyarakat luas terhadap pentingnya upaya konservasi keanekaragaman hayati dari ancaman penyebab kepunahan. Kegiatan kampanye dilakukan dengan aksi lapangan melakukan penanaman bibit ebony di sekitar sekolah.

Bersama dengan anak SMU ini, mengingatkan kembali kenangan saya sewaktu masih sekolah SMA. Pada usia ini, perkembangan manusia berada pada tahap pencarian jati diri,  rentan terhadap informasi dan selalu ingin mencoba-coba.

Dengan demikian, internalisasi pengetahuan dan keterampilan tentang konservasi keanekaragaman hayati pada anak sekolahan menjadi penting, mengingat prilaku dan pandangan hidup seseorang dipengaruhi oleh aktivitas dan pengetahuannya pada saat yang bersangkutan masih muda. Seorang anak muda yang memiliki keterampilan dan pengetahuan positif tentang upaya pelestarian hutan, kelak ketika memasuki usia dewasa, ia akan berperan positif dalam upaya konservasi keanekaragaman hayati di sekitar lingkungannya.

Sebagaimana kita ketahui bahwa keanekaragaman hayati adalah Keanekaragaman diantara makhluk hidup dari semua sumber, termasuk diantaranya daratan, lautan, dan ekosistem akuatik lainnya, serta kompleks-kompleks ekologi yang merupakan bagian dari keanekaragamannya mencakup keanekaragaman spesies, antar spesies, dan ekosistem.

Hutan sebagai salah satu ekosistem dengan kekayaan keanekaragamannya, saat ini secara kualitas maupun kuantitas kondisinya terus menurun, diakibatkan karena terjadinya degradasi dan deforestasi, sehingga keanekaragaman hayati terancam punah. Konon katanya, laju deforestasi di Indonesia sebesar 1,08 juta ha/tahun.

Untuk pejuang konservasi, saya ingin menyampaikan kata-kata mutiara yang saya kutif dari sebuah buku, sbb: “hiduplah laksana lebah, hinggap di dahan rapuh tak pernah goyah, makan makanan dari sari bunga yang bersih, mengeluarkan kotoran berupa madu yang bermanfaat sebagai obat, hidup rukun dalam sarang sempit yang tak kenal usang dan rusak, dan menyengat karena terpaksa”

Semoga pesan dan harapan anak-anak ABG ini dapat terwujud, Amin…

About Noer

Salah seorang warga Kota Palu - Provinsi Sulawesi Tengah. Memiliki mimpi menyaksikan terwujudnya kelestarian keanekaragaman hayati, dan kemajemukan masyarakat yang damai serta sejahtera ...

Diskusi

One thought on “Pesan Pelestarian Hutan Anak ABG

  1. Reblogged this on hailjhon and commented:
    lanjutkan

    Posted by hailjhon | 8 Desember 2013, 10:51

Silahkan Ketik Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: