Konservasi Alam

Berkunjung ke Ngata Toro – Sulawesi Tengah

Pada tanggal 13 Desember 2011, kami bersama dengan beberapa teman lain dari Pokja REDD+ Provinsi Sulawesi Tengah dan Programme Management Unit (PMU) UN-REDD Program Indonesia, berkunjung ke Ngata Toro.

Ngata Toro atau Desa Toro merupakan salah satu wilayah masyarakat adat di Sulawesi Tengah yang terletak berbatasan Iangsung dengan kawasan Taman Nasional Lore Lindu. Secara administrasi, Ngata Toro termasuk dalam wilayah Kecamatan Kulawi Selatan, Kabupaten Sigi.

Menurut Konvensi ILO 169, 1989, masyarakat adat adalah masyarakat yang berdiam di negara-negara merdeka dimana kondisi sosial, kultural dan ekonominya membedakan mereka dari bagian-bagian masyarakat lain di negara tersebut, dan statusnya diatur, baik seluruh maupun sebahagian oleh masyarakat adat dan tradisi masyarakat adat tersebut atau dengan hukum dan peraturan khusus. Sedangkan menurut Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN), masyarakat adat adalah komunitas yang memiliki asal-usul leluhur secara turun temurun yang hidup di wilayah geografis tertentu, serta memiliki sistem nilai, ideologi ekonomi, politik, budaya dan sosial yang khas.

Ngata Toro berjarak sekitar 115 km ke arah Selatan dari Kota Palu, ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah. Untuk mancapal wilayah komunitas adat ini dapat ditempuh dengan mobil atau angkutan umum selama 4 jam. Kondisi jalan menuju ke sana cukup baik.

Di desa ini, dijumpai hutan dataran rendah yang berbatasan dengan areal persawahan dan perkebunan coklat yang membuat pemandangan alam yang indah. Terdapat pembagian hutan yang dikelola secara adat, dengan tenaga pengamanan hutan yang disebut Tondo Ngata. Selain itu terdapat rumah adat tradisional yang dikenal dengan nama “Lobo”, rumah adat yang digunakan untuk acara musyawarah adat. Kekhasan lain dari lokasi ini adalah masyarakat yang masih memegang teguh adat istiadatnya dalam menjaga hutan di sekitarnya.

Sebagai akhir dari tulisan singkat ini, kepada Masyarakat Adat Toro kami sampaikan terimakasih atas sambutan hangatnya. Kami turut mendukung eksistensi komunitas adat, termasuk upaya dalam melestarikan hutan di sekitarnya.

About Noer

Salah seorang warga Kota Palu - Provinsi Sulawesi Tengah. Memiliki mimpi menyaksikan terwujudnya kelestarian keanekaragaman hayati, dan kemajemukan masyarakat yang damai serta sejahtera ...

Diskusi

5 thoughts on “Berkunjung ke Ngata Toro – Sulawesi Tengah

  1. Sy SAMSUL anak dr desa toro,ibu bernama ice,adik prmpuan brnma WATI,adik laki2 brnama aco yg skrng sy tdk tau kberadaanx apa mash di toro atau sblikx krn sy sdh lama tdk prnh kembli ke desa toro smnjak thn 1992 smpe skrng ini 2015,,minta tolong dngn sngt besar bagi yg mengenal sy untk bisa brkomunikas lwt HP 082-353-200-614,, BBM 5B68502F,, FB (rukaya.yhayha@yahoo.com)..trima ksih yg sebesar2nya.

    Posted by SAMSUL | 9 Desember 2015, 02:42
  2. sya pernah kesana beautiful traditional village.

    Posted by farid fred Bahweretz | 2 Desember 2012, 17:45
  3. Baru tahu nih kota toro sulawesi🙂

    disave.wp.com

    Posted by Abed Saragih | 18 Desember 2011, 09:03
    • Jalan-jalan ke sana mas…

      Posted by Noer | 12 Januari 2012, 14:06
    • Sy SAMSUL anak dr desa toro,ibu bernama ice,adik prmpuan brnma WATI,adik laki2 brnama aco yg skrng sy tdk tau kberadaanx apa mash di toro atau sblikx krn sy sdh lama tdk prnh kembli ke desa toro smnjak thn 1992 smpe skrng ini 2015,,minta tolong dngn sngt besar bagi yg mengenal sy untk bisa brkomunikas lwt HP 082-353-200-614,, BBM 5B68502F,, FB (rukaya.yhayha@yahoo.com)..trima ksih yg sebesar2nya.

      Posted by samsul toro | 8 Desember 2015, 03:21

Silahkan Ketik Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: