Konservasi Alam

Memulihkan Hutan di Wilayah KPH

Memulihkan hutan di lakukan melalui rehabilitasi hutan dan reklamasi. Rehabilitasi hutan dan lahan adalah upaya untuk memulihkan, mempertahankan, dan meningkatkan fungsi hutan dan lahan sehingga daya dukung, produktivitas dan peranannya dalam mendukung sistem penyangga kehidupan tetap terjaga. Sedangkan, reklamasi hutan adalah usaha untuk memperbaiki atau memulihkan kembali lahan dan vegetasi hutan yang rusak agar dapat berfungsi secara optimal sesuai dengan peruntukannya.

Rehabilitasi hutan di wilayah KPH diselenggarakan oleh KPH, yang dilaksanakan melalui kegiatan reboisasi, pemeliharaan tanaman, pengayaan tanaman, dan penerapan teknik konservasi tanah. Pada wilayah KPH yang telah dibebani izin/hak pemanfaatan hutan kepada pihak ketiga, pelaksanaan rehabilitasinya dilakukan oleh pemegang izin/hak yang bersangkutan. Sedangkan pada wilayah KPH yang wilayahnya tidak dibebani izin/hak pemanfaatan hutan kepada pihak ketiga, pelaksanaannya dilakukan oleh KPH. Agar pelaksanaan kegiatan rehabilitasi sesuai ketentuan, Kepala KPH wajib melaksanakan pembinaan, pemantauan dan evaluasi atas pelaksanaan rehabilitasi hutan di wilayah KPH-nya. Hasil pembinaan, pemantauan dan evaluasi wajib dilaporkan setiap tiga bulan kepada Menteri dengan tembusan kepada Gubernur dan Bupati/Walikota.

Reklamasi hutan dilakukan pada lahan dan vegetasi hutan di kawasan hutan yang telah mengalami perubahan permukaan tanah dan perubahan penutupan tanah. Reklamasi hutan dilaksanakan dan menjadi tanggung jawab pemegang izin penggunaan kawasan hutan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. Dalam hal pemegang izin penggunaan kawasan hutan telah melaksanakan reklamasi hutan, maka Kepala KPH bertanggung jawab atas pengamanan dan perlindungan atas reklamasi hutan yang bersangkutan. Kepala KPH wajib melaksanakan pembinaan, pemantauan dan evaluasi atas pelaksanaan reklamasi hutan di wilayah KPH-nya. Hasil pembinaan, pemantauan dan evaluasi wajib dilaporkan setiap tiga bulan kepada Menteri dengan tembusan kepada Gubernur dan Bupati/Walikota.

About Noer

Salah seorang warga Kota Palu - Provinsi Sulawesi Tengah. Memiliki mimpi menyaksikan terwujudnya kelestarian keanekaragaman hayati, dan kemajemukan masyarakat yang damai serta sejahtera ...

Diskusi

16 thoughts on “Memulihkan Hutan di Wilayah KPH

  1. liat foto diatas menyedihkan banget yaa pak.. hutannya habis gundul gitu.. semoga saja bisa benar2 memulihkan hutan..

    Posted by Dhenok Habibie | 1 April 2012, 14:05
  2. semoga berhasil sesuai dengan yang di harapkan.. menghijaukan kembali hutan yang gundul tidaklah mudah banyak yang terlibat di dalamnya..

    Posted by uyayan | 31 Maret 2012, 11:28
  3. Pak Noer, mohon ijin menggunakan fotonya (tetap mencantumkan sumbernya koq) ya pak. Trimakasih

    Posted by prih | 31 Maret 2012, 08:33
  4. semoga kegiatan ini mendapat partisipasi dari masyarakat sekitar,
    hutan tetap hijau sebagai paru-paru bumi.

    Posted by ysalma | 29 Maret 2012, 11:58
  5. saya baru tahu tentang reklamasi hutan dr postinganmu mas, trims ya🙂

    Posted by Ely Meyer | 29 Maret 2012, 02:46
  6. kunjungan sore

    Posted by rajacolek | 28 Maret 2012, 17:21
  7. Semoga semuanya terlaksana dengan baik.

    Posted by Abed Saragih | 28 Maret 2012, 14:57
  8. Mas Noer, dalam reklamasi hutan, apakah menanami kembali itu dengan bibit pohon yg sdh rusak atau memasukan pohon baru ke sana?

    Posted by Jurnal Transformasi | 28 Maret 2012, 13:54
    • Tergantung sih mbak, kalo lokasinya di kawasan konservasi yg bersifat insitu – selain tahura, mestinya bibitnya dari kawasan itu. Tapi selain kawasan itu (termasuk tahura) boleh memasukan pohon baru…

      Posted by Noer | 28 Maret 2012, 15:44

Silahkan Ketik Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: