Konservasi Alam

Desa di Sekitar KPH Dampelas Tinombo

noerdblog-2KPH Dampelas Tinombo berada di dua wilayah kabupaten yakni Donggala dan Parigi Moutong – Provinsi Sulawesi Tengah, tepatnya di enam wilayah Kecamatan di mana hingga akhir Tahun 2012 terdapat 52 desa yang berbatasan langsung. Wilayah kecamatan yang berada di wilayah Kabuapten Donggala yaitu Kecamatan Balaesang di terdapat 6 desa yang berbatasan dengan areal KPH, Kecamatan Damsol terdapat 13 desa yang berbatasan dengan areal KPH, dan Kecamatan Sojol terdapat 4 desa yang berbatasan dengan areal KPH.

Sedangkan  wilayah kecamatan yang berada di Kabupaten Parigi Moutong yaitu Kecamatan Kasimbar terdapat 5 desa yang berbatasan dengan areal KPH, Kecamatan Tinombo terdapat 11 desa yang berbatasan dengan areal KPH, dan Kecamatan Tinombo Selatan terdapat 13 desa yang berbatasan dengan areal KPH. Secara rinci luas wilayah, jumlah dan kepadatan penduduk berdasarkan desa-desa yang berbatasan langsung dengan areal KPH Model Dampelas Tinombo  disajikan pada tabel di bawah.

Desa KPH Datin

Dengan gambaran luas wilayah, jumlah dan kepadatan penduduk yang berada di sekitar KPH di atas, mengindikasikan bahwa ketergantungan sebagian besar masyarakat terhadap sumberdaya lahan dan hutan tergolong tinggi.

KPH singkatan dari Kesatuan Pengelolaan Hutan, merupakan wilayah pengelolaan hutan sesuai fungsi pokok dan peruntukannya yang dikelola secara efisien dan lestari. Dalam mengimplementasikan sistem ini, seluruh kawasan hutan akan terbagi dalam wilayah-wilayah KPH, serta akan menjadi bagian dari penguatan sistem pengurusan hutan nasional, provinsi, kabupaten/kota.

About Noer

Salah seorang warga Kota Palu - Provinsi Sulawesi Tengah. Memiliki mimpi menyaksikan terwujudnya kelestarian keanekaragaman hayati, dan kemajemukan masyarakat yang damai serta sejahtera ...

Diskusi

Belum ada komentar.

Silahkan Ketik Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: