Info

Kecamatan Balaesang

Kec BalaesangSecara adminstratif Kecamatan Balaesang berada di Kabupaten Donggala – Provinsi Sulawesi Tengah. Sedangkan secara geografis wilayah kecamatan ini berada pada posisi 0008’27” LU – 0010’26” LS dan 119058’22” – 119046’13” BT. Letak wilayah Kecamatan Balaesang membujur dari arah selatan ke utara, dengan luas seluruhnya 313,43 Km2.

Pada Zaman Kekuasaan Maradika-Maradika (Kerajaan) Sebelum Indonesia Merdeka, Wilayah kekuasaan Kerajaan Balaesang belumlah seluas Kecamatan Balaesang sekarang ini, wilayahnya hanya meliputi beberapa desa saja yang ada di Balaesang bagian tanjung.

Desa pertama yang ada di Balaesang adalah Desa Rano yang merupakan desa leluhur Balaesang. Dengan pesatnya perkembangan jumlah penduduk dan tuntutan ingin mengembangkan kehidupan, maka menyebarlah sebagian penduduk dari Desa Rano ke daerah pesisir, sebagian ke Desa Ketong sehingga sekarang penduduk yang ada di Desa Malei. Selanjutnya kedudukan Kerajaan Balaesang menetap di Desa Ketong. Sedangkan penduduk yang ada di Desa Malei mencapai jumlah yang cukup banyak dan akhirnya menyebar ke arah barat dan membentuk sebuah desa baru yaitu Desa Kamonji. Demikianlah awal mulanya wilayah kekuasaan Kerajaan Balaesang di Tanjung Balaesang.

Namun demikian dengan adanya empat desa di wilayah Tanjung Balesang yang merupakan wilayah Kerajaan Balaesang belumlah cukup bagi Sang Raja. Tetapi selalu tertanam niat untuk memperluas wilayah kekuasaan, sehingga akhirnya meletuslah pertempuran antara Kerajaan Balaesang dan Kerajaan Tawaili dengan tujuan memperluas wilayah. Pasukan Kerajaan Tawaili dikenal dengan sebutan pasukan Njabu. Pertempuran ini dimenangkan oleh pasukan Kerajaan Balaesang dan tempat berakhirnya pertempuran di Parimpi Desa Lende (sekarang Kecamatan Sirenja). Di tempat inilah terjadi kesepakatan kedua belah pihak bahwa wilayah Kerajaan Balaesang selatan terbatas di Parimpi Desa Lende dan wilayah Kerajaan Tawaili Utara juga sampai di Parimpi Desa Lende yang merupakan batas wilayah Kecamatan Balaesang Sekarang.

Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan download Kecamatan Balaesang Dalam Angka.

About Noer

Salah seorang warga Kota Palu - Provinsi Sulawesi Tengah. Memiliki mimpi menyaksikan terwujudnya kelestarian keanekaragaman hayati, dan kemajemukan masyarakat yang damai serta sejahtera ...

Diskusi

5 thoughts on “Kecamatan Balaesang

  1. aku baru tahu nih mas kecamatan Balaesang🙂

    Posted by duniaely | 5 Juni 2013, 02:21
  2. Pengetahuan geografi saya sangat cetek, dengan membaca artikel mas Noer ya saya bisa belajar😉.

    Posted by pursuingmydreams | 4 Juni 2013, 01:13
  3. Dengan mengenali sejarah maka akan timbul kecintaan yang lebih baik.

    Posted by abi_gilang | 3 Juni 2013, 19:26
  4. Untung sekarang semua sdh dibawah NKRI, Mas Noer. JAdi mereka gak perlu berperang lagi untuk saaling memperluas wilayah🙂

    Posted by Evi | 2 Juni 2013, 23:30

Silahkan Ketik Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: