Info

Kecamatan Damsol

noerdblogSecara administratif Kecamatan Damsol berada di Kabupaten Donggala Provinsi Sulawesi Tengah. Sedangkan secara geografis, kecamatan ini terletak pada belahan Utara wilayah Kabupaten Donggala pada posisi 0025’08” – 0005’27” LU dan 119046’16” – 120006’03” BT.

Sebelum Kerajaan Banawa ditaklukan oleh Pemerintah Belanda pada tahun 1905, di wilayah Dampelas Sojol (Damsol) terdapat dua kerajaan kecil, yaitu: (1) Kerajaan Dampelas dengan wilayah meliputi Desa Kambayang sampai Dusun Bayang dengan Pusat Pemerintahan di Sabang; (2) Kerajaan Sojol dengan wilayah meliputi Dusun Siraru sampai Desa Bou dengan Pusat Pemerintahah di Balukang.

Kedua kerajaan tersebut berada di bawah Pemerintahan Kerajaan Banawa yang berpusat di Donggala. Oleh Raja Banawa wilayah Dampelas Sojol (Damsol) disebut wilayah Banawa Utara.

Setelah Kerajaan Banawa ditaklukan oleh Pemerintah Belanda pada tahun 1905, Kerajaan Banawa dijadikan wilayah Administratif dengan nama Landschap atau Swapraja Banawa yang dibawahi oleh Onder Afdeling Donggala, dan kerajaan-kerajaan kecil yang ada dibawah pemerintahannya disebut Distrik. Dengan demikian wilayah Dampelas Sojol (Damsol) yang meliputi Kambayang sampai Ogoamas disebut Distrik Banawa Utara.

Dalam perkembangan selanjutnya, setelah Onder Afdeling Donggala, Palu, Parigi dan Toli-Toli, dengan terbitnya PP No. 33 tahun 1952 tanggal 12 Agustus 1952 Resmi berdiri menjadi Kabupaten Donggala, maka istilah Distrik secara bertahap berubah menjadi Kecamatan dan Sub Kecamatan.

Distrik Banawa Utara pada tahun 1960 berubah nama menjadi Sub Kecamatan Dampelas Sojol (Damsol) dengan pusat pemerintahan di Sabang.

Selanjutnya pada tanggal 25 April 1965 Sub Kecamatan Dampelas Sojol (Damsol) resmi berubah menjadi Kecamatan Dampelas Sojol (Damsol) yang beribukota di Sabang. Dengan wilayah dari Desa Kambayang sampai Desa Ogoamas.

Dengan adanya upaya pemerintah memekarkan kecamatan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, maka melalui Perda No 43 Tahun 1996 terbentuklah Kecamatan Sojol yang meliputi Desa Panggalasiang sampai dengan Desa Ogoamas. Sedangkan dari Desa Kambayang sampai Desa Rerang tetap menjadi wilayah Kecamatan Damsol.

Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik untuk Download Kecamatan Damsol

About Noer

Salah seorang warga Kota Palu - Provinsi Sulawesi Tengah. Memiliki mimpi menyaksikan terwujudnya kelestarian keanekaragaman hayati, dan kemajemukan masyarakat yang damai serta sejahtera ...

Diskusi

4 thoughts on “Kecamatan Damsol

  1. kecamatan dampelas mempunyai 1 rempat yang indah untuk di kunjungi , yaitu bambarano…..

    Posted by arif maulidin | 12 April 2016, 20:29
  2. Saya masih berusaha untuk bisa ke Sulawesi.🙂

    Eh, ntar, semacam wikipedia di sini ya, Pak. Hihihi

    Posted by Idah Ceris | 13 Juni 2013, 17:00

Silahkan Ketik Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: