Info

Pedoman Pelaksanaan FPIC REDD+ Sulawesi Tengah

noerdblogDalam sesi diskusi Lokakarya Pertukaran Pembelajaran FPIC REDD+ Antara Provinsi Sulawesi Tengah dengan Provinsi Kalimantan Tengah yang berlangsung di Swiss-Belhotel Palu dan di Desa Simoro  – Sulawesi Tengah pada 12-13 Juni 2013, capaian Kelompok Kerja REDD+ Sulawesi Tengah dalam menghasilkan dokumen Pedoman FPIC yang ditetapkan melalui Peraturan Gubernur mendapat apresiasi dari peserta lokakarya, dan dapat menjadi contoh bagi penyusunan dokumen tersebut di beberapa provinsi lain yang menjadi lokasi aktivitas demonstrasi REDD+.

FPIC (Free, Prior and Informed Consent) adalah satu proses yang memastikan masyarakat adat dan masyarakat lokal dapat menjalankan hak fundamentalnya, yakni menyatakan pilihan mereka secara demokratis terhadap program REDD+ yang akan dilaksanakan dan berpotensi berdampak kepada kehidupan masyarakat. Penerapan FPIC atau yang juga dikenal dengan istilah PADIATAPA (Persetujuan Atas Dasar Informasi Awal Tanpa Paksaan) dalam Skema REDD+ merujuk pada kesepakatan PBB yang menganjurkan pelaksanaan program REDD+ harus memenuhi hak masyarakat adat dan masyarakat lokal. Sedangkan REDD+ (Reducing Emissions from Deforestation and Degredation Plus) merupakan mekanisme insentif ekonomi yang diberikan kepada negara berkembang untuk mendorong pengelolaan hutan berkelanjutan dalam rangka pengurangan emisi karbon.

Untuk mengatahui lebih lanjut tentang Pedoman FPIC REDD+ Sulawesi Tengah silahkan download Pergub Sulteng No. 37 Tahun 2012 – Pedoman FPIC REDD+ Sulawesi Tengah.

About Noer

Salah seorang warga Kota Palu - Provinsi Sulawesi Tengah. Memiliki mimpi menyaksikan terwujudnya kelestarian keanekaragaman hayati, dan kemajemukan masyarakat yang damai serta sejahtera ...

Diskusi

Belum ada komentar.

Silahkan Ketik Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: