Info

Lumnitzera littorea: Mangrove Berbunga Merah Terang

Lumnitzera littorea-Noer-2Disamping memiliki peranan yang sangat penting bagi lingkungan, hutan mangrove juga memberi pemandangan yang indah untuk dinikmati. Di antara pemandangan yang diberikan, bunga merupakan salah satu bagian dari tumbuhan mangrove yang menarik perhatian. Warna merah terang di antara dedaunan yang hijau membuat tumbuhan mangrove ini menjadi nampak indah.

Pemandangan vegetasi mangrove yang berbunga merah ini kami saksikan dari dalam kendaraan, ketika kami melintasi perjalanan di sepanjang Pantai Barat Kabupaten Donggala Provinsi Sulawesi Tengah. Masyarakat setempat menyebut jenis tumbuhan mangrove ini dengan nama kayu bunga. Sedangkan nama ilmiah tumbuhan ini adalah Lumnitzera littorea (Jack.) Voight.

Lumnitzera littorea merupakan salah satu jenis tumbuhan mangrove yang banyak tumbuh di daerah tropis. Tumbuhan ini juga merupakan salah satu penanda wilayah peralihan antara hutan mangrove dengan hutan daratan.

Jika memperhatikan keindahan bunganya yang berwarna merah terang dengan pohon paling tinggi hanya mencapai tiga meter saja, beberapa orang menyebut tumbuhan ini potensial untuk dibuat menjadi tanaman hias untuk dipajang di halaman rumah. Jika sobat merupakan salah seorang pecinta bunga, kemungkinan sobat juga akan setuju dengan pernyataan ini.

Seorang peneliti yang memiliki perhatian besar terhadap konservasi alam, menyatakan kepada saya bahwa upaya konservasi tumbuhan alam yang terancam punah, mestinya dilakukan dengan cara mensosialisasikan pembudidayaannya kepada masyarakat. Seperti halnya pada Lumnitzera littorea di atas, jika banyak rumah tangga melakukan pembudidayaan tumbuhan alam ini menjadi tanaman hias, maka akan mencegah spesies ini dari kepunahan.

Lumnitzera littorea-Noer-1

Dari aspek kelangkaan spesies, IUCN (International Union for the Conservation of Nature and Natural Resources) memasukan Lumnitzera littorea dalam daftar status Least Concern (berisiko rendah), yang berarti sudah dievaluasi namun tidak dimasukkan ke kategori manapun.

Hutan mangrove – termasuk tumbuhan Lumnitzera littorea – disamping memiliki peranan yang sangat penting bagi lingkungan, keindahannya juga memberi pemandangan alam untuk dinikmati. Karena peranannya ini, maka keberadaannya menjadi penting untuk dijaga dan dilestarikan.

About Noer

Salah seorang warga Kota Palu - Provinsi Sulawesi Tengah. Memiliki mimpi menyaksikan terwujudnya kelestarian keanekaragaman hayati, dan kemajemukan masyarakat yang damai serta sejahtera ...

Diskusi

13 thoughts on “Lumnitzera littorea: Mangrove Berbunga Merah Terang

  1. Cantik ya, Pak. . .
    Saya belum pernah menikmati wisata houtan mangrove. . .

    Kalau menanam jenis bunga ini, mungkin harus memperhatikan iklim dan cuaca ya, Pak? Atau bisa ditanam dimana saja?

    Posted by Idah Ceris | 22 Juni 2013, 11:22
  2. Iya, kalau mangrove bisa berbunga-bunga yang banyak kayaknya penyelamatan mangrove makin lancar. Soalnya bisa menarik perhatian kaum ibuk-ibuk.🙂

    Posted by giewahyudi | 22 Juni 2013, 00:31
  3. Iya cantik Mas, mirip bunga Soka. Cuman karena dia tumbuh di rawa, apa cocok ditanam di halaman yang selalu kering ya?

    Posted by Evi | 19 Juni 2013, 13:27
  4. Ngomongin Mangrove jadi inget kripik daun mangrove, pengen coba

    Posted by Ika Oetomo | 19 Juni 2013, 04:49
  5. Bunganya memang cantik…
    Kalau dijadikan tanaman hias, habitatnya seperti apa ya..?
    Bukannya sebagai mangrove tanaman ini membutuhkan kondisi khusus?

    Posted by Lyliana Thia | 18 Juni 2013, 17:00
    • Tumbuhan ini sudah tumbuh di darat bu, tidak di area pasang surut air laut kayak jenis yg lainnya. Jadi jika ditanam di dlm pot atau halaman rumah kemungkinan tidak rewel…

      Posted by Noer | 21 Juni 2013, 09:48
  6. wah .. bunganya cantik ya mas🙂

    Posted by duniaely | 17 Juni 2013, 14:09
  7. Kira-kira bunga lumnitzera dibikin bonzay bisa nggak ya…dirumah hampir semua pot yang terisi bunga atau tumbuhan lain aku bikin bonzay…[pecinta bonzay]

    Posted by m-amin | 17 Juni 2013, 01:11
  8. Kayu bunga sebagai bioindikator peralihan ekosistem mangrove ke hutan hujan daratan, pengetahuan dan kearifan lokal berharga. Kontras merah hijaunya segar sekali Pak Nur. Salam

    Posted by prih | 16 Juni 2013, 16:12

Silahkan Ketik Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: