Konservasi Alam

Tahura Sulteng: Obyek Wisata Alam Kapopo

Kapopo-2Bagi masyarakat Kota Palu dan sekitarnya yang ingin berwisata, salah satu obyek wisata alam yang memiliki daya tarik dan dapat menjadi pilihan adalah Lokasi Obyek Wisata Alam Kapopo yang berada di dalam Kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Sulteng. Secara administrasi, Obyek Wisata Alam Kapopo terletak di Desa Ngata Baru – Kecamatan Sigi Biromaru – Kabupaten Sigi. Akses menuju lokasi Obyek Wisata Alam Kapopo cukup mudah dengan jalan beraspal. Perjalanan dari Kota Palu ke lokasi dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan selama ± 30 menit.

Panorama alam yang dimiliki oleh obyek wisata alam Kapopo dan sekitarnya berupa keindahan dari kesatuan antara ekosistem hutan yang didominasi tumbuhan pada ketinggian 100 – 1.500 dari permukaan laut, dengan kondisi topografi lokasi yang datar, berbukit dan bergunung, dan kemiringan lokasi antara 8 – 60 persen.

Tumbuhan yang terdapat di sekitar lokasi wisata alam ini diantaranya kayu hitam (Diospyros celebica), angsana (Pterocarpusindicus), nyatoh (Palaquium sp) dan cendana (Santalum album). Sedangkan beberapa satwa yang ada di sekitar obyek wisata alam diantaranya burung tekukur hutan (Geopelia sp., Streptopelis sp), burung kakak tua jambul kuning (Cacatua sulphurea) dan biawak (Varanus salvator).

Menurut penuturan kepala desa dan beberapa warga, di sekitar lokasi obyek wisata ini juga sebagian masyarakatnya masih mempercayai dan melaksanakan tradisi balia – sebuah upacara ritual penyembuhan penyakit secara spiritual di kalangan etnis Kaili.

Beberapa sarana yang ada di antaranya menara, tracking, outbond, tempat pertemuan dan penginapan. Menara di obyek wisata alam Kapopo terbuat dari besi, yang dapat berfungsi sebagai pemantau titik api, namun selama ini banyak digunakan untuk membantu pengunjung menyaksikan panorama alam dari posisi yang lebih tinggi.

Fasilitas tracking berfungsi untuk keperluan wisatawan berjalan-jalan atau melakukan penelusuan hutan. Sedangkan shelter berfungsi sebagai tempat beristirahat bagi pengunjung yang memberikan kenyamanan dan keteduhan.

Sarana outbond di obyek wisata alam Kapopo meliputi flying fox (meluncur dari atas pohon) dan pemainan halang rintang dengan jalan di tambang yang diikat pada beberapa batang pohon. Outbond merupakan sarana olahraga yang menantang secara fisik; mental; dan kecerdasan berpikir; bermanfaat untuk meningkatkan ketrampilan interpersonal maupun intrapersonal.

Kapopo 0

Sejarah Obyek Wisata Alam Kapopo pada awalnya merupakan Kawasan Puncak Penghijauan Nasional (PPN) XXX Tahun 1990 yang diresmikan oleh Pesiden Soeharto pada Tanggal 17 Desember 1990. Kemudian pencanangan Tahura sebagai Obyek Wisata Alam Kapopo dilakukan oleh Gubernur Sulawesi Tengah pada Tanggal 25 Januari 2002.

Pada Tahun 2003, melalui Keputusan Gubernur Sulawesi Tengah Nomor 188.44/1400/DISBUDPAR-GST/2003, ditetapkan bahwa pengelolaan Obyek Wisata Alam Kapopo dilakukan secara bersama-sama antara Dinas Kehutanan dan Dinas Pariwisata. Dengan pembagian tugas, Dinas Kehutanan bertanggung jawab atas kelestarian hutan di lingkungan obyek wisata alam tersebut.  Sedangkan Dinas Pariwisata bertanggung jawab atas pengelolaan fasilitas pada obyek wisata alam tersebut.

Kemudian Tahun 2009, dibentuk UPT. Taman Hutan Raya (Tahura) melalui Peraturan Gubernur Sulawesi Tengah Nomor 5 Tahun 2009. Di mana menurut Peraturan Gubernur Sulawesi Tengah Nomor 57 Tahun 2009, bahwa UPT Tahura mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas teknis operasional dan/atau teknis penunjang pada bidang Taman Hutan Raya.

About Noer

Salah seorang warga Kota Palu - Provinsi Sulawesi Tengah. Memiliki mimpi menyaksikan terwujudnya kelestarian keanekaragaman hayati, dan kemajemukan masyarakat yang damai serta sejahtera ...

Diskusi

5 thoughts on “Tahura Sulteng: Obyek Wisata Alam Kapopo

  1. indah euyyy

    Posted by Paket Wisata Dieng | 8 Desember 2016, 10:55
  2. ASSALAMU ALAIKUM
    mhn ijn tuan rumah
    ALHAMDULILLAH HIROBBIL ALAMIN
    atas RAHMAT SERTA HIDAYAH RIDHO DARI ALLAH SWT.serta berbekal ILMU KEWALIAN KAROMAH,KESAKTIAN SEJATI,serta izin dari para guru/leluhur dengan melakukan tapa brata,beliau hadir untuk
    membantu anda yg sa’at ini punya MASALAH HUTANG BESAR, BUTUH MODAL BESAR, INGIN MERUBAH NASIB,
    BANGKRUT USAHA,DI CACI MAKI,DI HINA,MENYENGSARAKAN/MENZHOLIMI ANDA ,JANGAN PUTUS ASA,KINI SAATNYA ANDA BANGKIT DARI KETERPURUKAN, RENTANGKAN SAYAPMU,RAIH DUNIAMU,GAPAI IMPIANMU,KEJAR CITA2MU,AGAR ORANG LAIN TIDAK LAGI MENGHINAMU,
    BELIAU SIAP MEMBANTU ANDA DENGAN…
    -JUAL MUSUH
    -NIKAH JIN
    -DANA GOIB
    -UANG BALIK
    -UANG MATENG
    -MEGGNDKAN UANG
    -GENDAM PENAKLUK
    -PENGASIHAN
    -PELET HITAM
    -PELET PUTIH
    -SANTET MATI
    -ANGKA/SIO JITU
    di jamin 100% berhasil & sukses
    hubungi beliau :
    KH SA’ID ABDULLAH WAHID
    (AHLI ILMU GO’IB)

    HP: 082334608008

    D/A : BATU AMPAR-GULUK GULUK –
    SUMENEP – MADURA
    JAWA TIMUR
    proses cepat bertanggung jwb
    ANDA SOPAN BELIAU SEGAN
    TERIMA KASIH WASSALAM

    Posted by B.YUNI TOLI TOLI | 13 Juli 2014, 08:13
  3. nice post pak,
    untuk paket tracking di sumatera barat bisa anda dapatkan di sini

    Posted by tued619 | 22 April 2014, 21:06
  4. postingannya oke gan…
    kunjungi kami di wisata Berjalan ya gaaan…

    Posted by wisata berjalan | 16 April 2014, 17:47
  5. Alam Sulawesi Tengah dengan flora identitas eboni alias kayu hitam (Diospyros celebica) sungguh indah, Pak Noer.
    Wisata alam Kapopo bikin mupeng, semoga suatu saat kembali berkunjung ke Sulteng. Salam

    Posted by prih | 22 Maret 2014, 11:05

Silahkan Ketik Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: