Konservasi Alam

Sembilan Manfaat Hutan Bagi Kehidupan

Kayu3Hutan merupakan suatu wilayah yang cukup luas di mana di dalamnya berisi antara tumbuhan dan berbagai satwa dan beraneka unsur tak hidup lainnya, mampu menciptakan iklim dan kondisi lingkungan yang khas yang berbeda dari wilayah di luarnya. Bagi kehidupan, keberadaan hutan memiliki peran penting dengan memberikan beragam manfaat, karena itu keberadaannya harus dijaga dan dilestarikan. Banyak fakta yang dapat menjadi pembelajaran bahwa jika hutan dirusak, maka hutan pun akan mengancam dengan bencana yang datangnya tidak dapat diduga.

Lantas siapa yang akan menerima dampak dari bencana akibat dari kerusakan hutan? Apakah hanya masyarakat yang tinggal di dalam dan di sekitar hutan saja? Tentu saja tidak. Untuk itu, kita harus memiliki kecintaan terhadap hutan agar dapat berpartisipasi menjaga dan melestarikannya.

Agar kita memiliki kecintaan terhadap hutan, ada baiknya kita mengetahui mengenai beberapa manfaat hutan bagi kehidupan. Ragam manfaat hutan ini menunjukan bahwa hutan merupakan kekayaan berharga bagi kita. Jadi sudah semestinyalah kita turut menjaga dan melestarikan hutan. Dengan terjaga dan lestarinya kawasan hutan, maka sumberdaya hutan akan memberikan manfaat kepada masyarakat secara terus menerus, untuk masa depan yang lebih baik.

Berikut uraian sederhana mengenai sembilan ragam manfaat hutan bagi kehidupan:

  1. Hutan menyediakan udara bersih

Udara terasa segar karena oksigen yang dihasilkan oleh pepohonan yang ada di dalam hutan melalui proses fotosintesis. Pepohonan di hutan pun mengeluarkan uap air sehingga kelembapan udara tetap terjaga. Disamping itu, pepohonan di dalam hutan juga menyerap karbondioksida yang berbahaya apabila dihirup secara berlebih oleh manusia. Karbondioksida berasal dari berbagai aktivitas manusia seperti asap kendaraan bermotor, asap pabrik, proses pernafasan manusia, dan asap hasil kegiatan rumah tangga.

Dengan adanya hutan maka udara di bumi menjadi bersih dan segar. Sebaliknya, rusaknya hutan mengakibatkan produksi oksigen bagi atmosfer jauh berkurang, dan konsentrasi karbondioksida semakin bertambah sehingga suhu bumi semakin panas.

  1. Hutan menyediakan sumber air bersih

Beberapa sumber menyatakan bahwa walaupun ketersediaan air di dunia melimpah, namun air yang dapat dikonsumsi oleh manusia untuk keperluan minum hanya lima persen, sedangkan sisanya adalah air laut. Begitupun walaupun volume air di udara yang jatuh sebagai hujan cukup melimpah, namun ketika hujan mencapai permukaan bumi, yang menjadi aliran mantap hanya 25% saja, dan hampir tiga perempat-nya terbuang ke laut.

Gambaran ini menunjukkan bahwa betapa pentingnya keberadaan hutan sebagai penyimpan air dan menjaganya di dalam tanah sebagai persediaan air bagi manusia. Pengrusakan hutan turut serta dalam menambah berkurangnya ketersediaan sumber air bersih. Bila keberadaan hutan tidak dijaga dan dilestarikan, maka krisis air bersih akan dialami oleh kita.

  1. Hutan mencegah banjir dan erosi

Akar-akar pohon di hutan dapat menyimpan air di saat kemarau dan mencegah banjir pada musim penghujan. Akibatnya banjir dan tanah longsor dapat dikendalikan. Hal ini dikarenakan hutan memiliki kemampuan besar dalam menyerap dan menyimpan air hujan. Jika tidak ada hutan, air hujan akan langsung dialirkan di atas permukaan tanah sehingga terjadi longsor, begitupun debit air pada sungai akan meningkat dengan drastis sehingga terjadi banjir. Sebaliknya jika ada hutan, air hujan akan terperangkap oleh serasah yang banyak terdapat di permukaan tanah hutan, kemudian terserap oleh pori-pori tanah. Ketika musim kemarau, air yang terserap menjadi cadangan air tanah akan dialirkan sedikit-sedikit melalui mata air dan mengalir sebagai sungai, sehingga tidak terjadi kekeringan.

  1. Hutan menahan intrusi air laut

Di daerah pesisir pantai, hutan menahan masuknya air asin ke daratan (intrusi). Ini sangat penting untuk mendukung usaha pertanian di daerah pantai. Masuknya air laut ke daatan akan mengakibakan semakin berkurangnya air bersih karena air tanah sudah terkontaminasi dengan air laut yang memiliki rasa asin. Begitu pun dengan usaha pertanian yang akan terganggu karena ketersediaan air tawar untuk irigasi semakin berkurang. Intrusi seringkali menyebabkan gagal panen.

  1. Hutan sebagai tempat hidup satwa

Hutan merupakan tempat hidup beragam satwa liar seperti anoa, babi rusa dan berbagai jenis burung. Selain sebagai tempat tinggal, hutan juga beperan sebagai pemasok dan penyedia makanan, serta tempat berkembang biak bagi satwa yang tinggal  di dalamnya. Bagi ekosistem hutan, keberadaan satwa berperan dalam penyebaran biji tumbuhan dan meremajakan hutan. Pengrusakan hutan akan menyebabkan habitat satwa semakin berkurang, akibatnya banyak satwa yang akhirnya bekeliaran di perkebunan hingga pemukiman warga.

  1. Hutan menyediakan hasil hutan kayu dan bukan kayu

Hutan menyediakan hasil hutan berupa kayu yang bermanfaat untuk bahan bagunan, bahan bakar, dll. Hutan juga menyediakan hasil hutan bukan kayu seperti buah, biji, pandan, rotan, damar dan madu. Hasil hutan bukan kayu ini biasa dipungut untuk dimanfaatkan langsung oleh masyarakat setempat ataupun untuk diperjualbelikan.

  1. Hutan sebagai sumber pangan

Hutan menyediakan makanan bagi masyarakat sekitar yang meliputi sumber protein, bermacam buah dan biji. Bermacam varietas bahan makanan yang dapat  diambil dari dalam hutan seperti sayur-sayuran, termasuk berbagai pakis dan umbi-umbian, bermacam buah dan jamur, sagu, madu, Ikan dan hewan air tawar lainnya.

Ikan dan hewan air tawar di sungai dan danau di hutan membantu pemenuhan kebutuhan protein hewani masyarakat sekitar hutan. Mengumpulkan bahan makanan dari hutan, berburu dan memancing adalah kegiatan tambahan bagi masyarakat sekitar hutan. Jika hutan hilang, maka mengambil madu, ikan, sagu dan hasil hutan lainnya tidak lagi menjadi sumber mata pencaharian masyarakat.

  1. Hutan sebagai sumber plasma nutfah dan penghasil obat-obatan

Hutan tropis Indonesia merupakan salah satu hutan yang paling menentukan untuk kehidupan berbagai makhluk hidup di muka bumi. Kondisi hujan dan sinar matahari yang melimpah setiap saat, menciptakan habitat yang sangat ideal bagi tumbuhnya berbagai flora dan fauna. Sejumlah tumbuhan dan binatang dengan keanekaragaman jenis yang tinggi telah berkembang lama dalam sejarah perkembangan hutan hujan tropis. Telah dijumpai sebanyak 28.000 jenis tumbuhan, 350.000 jenis binatang dan 10.000 mikroba yang hidup secara alami di Indonesia. Jumlah ini, bisa saja terus bertambah setelah dilakukan penelitian oleh para ahli flora dan fauna. Oleh karena itu, Indonesia terkenal sebagai salah satu negara yang mempunyai Megadiversity jenis hayati dan merupakan Megacenter keanekaragaman hayati dunia.

Hutan berperan sebagai sumber plasma nutfah (sumber gen) karena di dalam hutan masih terdapat tumbuhan dan hewan yang mempunyai sifat unggul. Hutan juga merupakan penghasil berbagai jenis tumbuhan obat. Banyak jenis tanaman obat yang banyak ditemukan di hutan.

  1. Hutan sebagai penyedia wisata alam

Di samping menyimpan beragam tumbuhan dan satwa, hutan juga memiliki potensi berupa panorama alam yang indah dan dapat dijadikan obyek dalam kegiatan wisata alam. Wisata alam adalah wisata minat khusus, cocok bagi mereka yang mendambakan suasana sepi tapi segar udaranya. Atau bagi yang mendambakan suara alam seperti kicau burung di alam bebas, desir angin, gemericik air terjun, karena setiap hari telinga lelah mendengar hiruk pikuknya pabrik atau kendaraan. Atau juga yang mendambakan warna-warni lembut seperti warna lumut yang menempel di pohon dan hijaunya daun.

About Noer

Salah seorang warga Kota Palu - Provinsi Sulawesi Tengah. Memiliki mimpi menyaksikan terwujudnya kelestarian keanekaragaman hayati, dan kemajemukan masyarakat yang damai serta sejahtera ...

Diskusi

8 thoughts on “Sembilan Manfaat Hutan Bagi Kehidupan

  1. manfaat hutan nya kurang lengkap dan penjelasan nya lebay

    Posted by maghfira | 27 September 2016, 20:54
  2. Nice info. Thanks for sharing.
    Maju terus gan.

    Posted by pokerace99 | 1 Maret 2016, 06:24
  3. Kapan bisa jalan2 ke hutan😀 in to The Wild😉

    Posted by 0858.6507.9257 Tumpeng & Nasi Kuning Semarang Online | 5 Desember 2015, 10:23
  4. Keren postnya … sangat bermanfaat infonya
    By Pelatihan Hipnotis Hipnoterapi

    Posted by Hipnotis Hipnoterapi 0896.1065.9643 | 1 Desember 2015, 15:28
  5. trima kasih

    Posted by tacya | 30 Januari 2015, 09:56
  6. Mari kita jaga dan lestarikan hutan Indonesia🙂

    Posted by Bambang | 28 Januari 2015, 10:13
  7. Saya merasakan sendiri betapa segarnya udara ketika berada di pegunungan di manado menuju tomohon dan danau tondano.
    Sayang terdapat bagian2 yg mulai rusak, mengakibatkan longsor dan banjir spt yg akhir2 ini terjadi di manado

    Posted by ded | 18 September 2014, 08:06

Silahkan Ketik Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: