Burung Maleo – Satwa Maskot Sulawesi Tengah

Burung maleo (Macrocephalon maleo) merupakan salah satu satwa endemik yang hanya ada di Sulawesi dan tidak ada di tempat lain. Meskipun memiliki sayap dengan bulu yang cukup panjang, namun lebih senang jalan kaki dari pada terbang. Biasanya yang dewasa sering diketemukan berpasangan ditempat terbuka dan berpasir panas.

Burung ini memiliki keunikan dalam hal perkembangbiakannya. Tidak seperti burung lain yang membuat sarang dan mengerami telurnya, maleo meletakan telurnya dalam lubang pasir di dekat pantai, lalu telur dibiarkan menetas dengan sendirinya.

Telur maleo sangat besar dengan panjang rata-rata 11 cm dan beratnya sekitar 260 gram per butir atau sebanding dengan 5 butir telur ayam.

Ketika menggali lubang untuk bertelur, penggalian dilakukan secara bergantian antara maleo jantan dan maleo betina. Saat maleo betina menggali lubang, maleo jantan mengawasi sekelilingnya, demikian sebaliknya.

Untuk mengelabui pemangsa yang mungkin sedang mengincar telur-telur mereka, maleo seringkali membuat lubang-lubang lain.

Setelah menetas anak maleo akan berusaha sendiri keluar dari tanah atau pasir dan langsung berjuang hidup sendiri di alam tanpa asuhan sang induk.

Maleo merupakan kebanggaan bagi masyarakat Sulawesi Tengah, sehingga sejak tahun 1990 berdasarkan SK. No. Kep. 188.44/1067/RO/BKLH tanggal 24 Pebruari 1990 “Maleo” ditetapkan sebagai “Satwa Maskot” Daerah Sulawesi Tengah.

Beberapa lokasi di Sulawesi Tengah menjadi tempat hidup maleo, diantaranya di Suaka Margasatwa Pinjan/Tanjung Matop dan di beberapa lokasi pada kawasan hutan wilayah KPH Pogogul di Kabupaten Buol, serta di kawasan hutan Sulawesi Tengah lainnya.

Iklan

One response to “Burung Maleo – Satwa Maskot Sulawesi Tengah

Silahkan Ketik Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s