Sulteng Percepat Perhutanan Sosial

Membangun sinergi untuk percepatan reforma agraria dan perhutanan sosial menuju kemandirian dan kesejahteraan masyarakat desa di Sulawesi Tengah, merupakan judul sekaligus tema kegiatan seminar dan lokakarya yang diselenggarakan oleh kelompok kerja Percepatan Perhutanan Sosial Provinsi Sulawesi Tengah di SwissBell Hotel Palu pada 30 Maret 2017.

Dalam sambutannya Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyampaikan bahwa Perhutanan Sosial menjadi sangat penting dan fundamental bagi masyarakat, khususnya masyarakat desa. Karena sesuai dengan Nawacita Presiden Jokowi yang ingin membangun Indonesia secara menyeluruh dan merata, yaitu dimulai dari desa.

Sementara itu Dr Rusdi Bachtiar Rioeh yang dalam acara seminar dan lokakarya ini mewakili Gubernur juga sangat antusias atas kebijakan yang diambil Pemerintah Pusat karena tingkat pertumbuhan ekonomi Sulteng menduduki posisi paling tinggi se Indonesia, namun di lain hal angka kemiskinan juga cukup tinggi. Rusdi berharap dalam acara ini agar program Perhutanan Sosial dapat benar-benar dapat mengangkat kemandirian ekonomi rakyat Sulawesi Tengah.

Dalam sambutan Gubernur Sulteng yang dibawakan oleh Rusdi, lebih lanjut disampaikan rasa antusias terhadap gelaran semiloka mengingat selama ini sumberdaya hutan yang ada belum dimaksimalkan oleh masyarakat yang kurang mampu. Semua pihak diharapkan dapat pro aktif guna mewujudkan Sulawesi Tengah yang Maju, Mandiri dan Berdaya Saing. Dipastikan juga dalam rancangan pembagunan  jangka menengah, program ini dapat berjalan dengan baik.

Seminar dan lokakarya yang diselenggarakan selama satu hari ini mengundang 150 Kepala Desa yang wilayah desanya berada di sekitar kawasan hutan dan telah menjalankan program perhutanan sosial, serta desa yang telah mengusulkan dan akan mengusulkan program perhutanan sosial. Semiloka ini juga dihadiri oleh para bupati se Sulteng, SKPD Sulteng, kalangan legislatif daerah, NGO dan para pihak lainnya.

Dalam kegiatan semiloka, narasumber yang hadir meliputi (1) Staff Khusus Kepala Staff Kepresidenan, menyampaikan materi Kebijakan Reforma Agraria dan Perhutanan Sosial sebagai Komitmen Politik Presiden Jokowi; (2) Dirjen Penataan Agraria Kementrian ATR/BPN, , menyampaikan materi Percepatan Implementasi Reforma Agraria di Sulawesi Tengah; (3) Dirjen PSKL Kementrian LHK , menyampaikan materi Percepatan Implementasi Perhutanan Sosial di Sulawesi Tengah; dan (4) Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kementrian PDT dan Transmigrasi, menyampaikan materi Pemberdayaan Masyarakat Desa Berbasis Potensi Lokal.

Sebagaimana diketahui bahwa, reforma agraria dan perhutanan sosial merupakan pilar utama pembangunan ekonomi berkeadilan yang dilaksanakan oleh pemerintah pada tahun 2017 ini. Sulawesi Tengah telah berkomitmen mensukseskan pelaksanaan program yang mendorong peningkatan kesejahteraan rakyat melalui reforma agraria dan perhutanan sosial.

Reforma agraria atau pembaharuan agragia adalah proses rekonstruksi (penataan ulang susunan) kepemilikan, penguasaan, dan penggunaan sumber agrarian, khususnya tanah. Sedangkan perhutanan sosial adalah sistem pengelolaan hutan lestari yang dilaksanakan dalam kawasan hutan negara atau hutan hak/hutan adat yang dilaksanakan oleh masyarakat setempat atau masyarakat hukum adat sebagai pelaku utama untuk meningkatkan kesejahteraaannya, keseimbangan lingkungan dan dinamika sosial budaya dalam bentuk Hutan Desa, Hutan Kemasyarakatan, Hutan Tanaman Rakyat, Hutan Rakyat, Hutan Adat dan Kemitraan Kehutanan.

Sesuai dengan Peta Indikatif Areal Perhutanan Sosial (PIAPS) Provinsi Sulawesi Tengah, luas sebaran indikatif perhutanan sosial sebesar 346.788 Ha., yang meliputi pada HL seluas 50.732 Ha, pada HP seluas 60.690 Ha, pada HPK seluas 2.513 Ha, pada HPT seluas 218.189 Ha, pada 20% Kemitraan seluas 14.664 Ha.

Iklan

One response to “Sulteng Percepat Perhutanan Sosial

Silahkan Ketik Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s