Info

Polisi Kehutanan Sulawesi Tengah Juara Nasional Wanalestari 2011

Polisi Kehutanan (Polhut) Sulawesi Tengah, I Nyoman Ardika, berhasil menjadi juara kedua dalam Lomba Penghijauan dan Konservasi Alam Wana Lestari untuk kategori Polisi Kehutanan, yang diselenggarakan oleh Kementerian Kehutanan pada tahun 2011.

Penghargaan diberikan oleh Menteri Kehutanan pada acara Temu Karya Lomba Penghijauan dan Konservasi Alam Wana Lestari 2011 di Grand Cempaka Hotel, Jakarta, tanggal 14 – 19 Agustus 2011, dengan peserta para teladan wanalestari dari seluruh provinsi di Indonesia.

I Nyoman Ardika, bertugas pada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Tengah. Baginya, mendapatkan juara dua pada tingkat nasional merupakan penghargaan yang sangat berarti sekali, sekaligus pemacu semangat dalam melaksanakan tugas sebagai Kepala Resort Luwuk yang memiliki wilayah kerja cukup luas, meliputi Suaka Margasatwa Bakiriang (12.500,00 ha), Suaka Margasatwa Lombuyan (3.069,00 ha), Cagar Alam Pati-Pati (3.103,79 ha).

Kepada penulis yang selaku anggota tim penilai tingkat provinsi sekaligus pendampingnya, I Nyoman Ardika mengungkapkan bahwa sebelumnya ia memiliki kekayinan akan bertemu dan berjabat tangan dengan Menteri Kehutanan, setelah acara yang dihadiri oleh pak menteri, pada kegiatan penanaman pohon untuk mendukung gerakan penanaman satu miliar pohon yang dilakukan di kawasan hutan tanaman industri PT Berkat Hutan Pusaka, pada 21 Januari 2011, di Kecamatan Toili Barat  Kabupaten Banggai, ia tidak diberi kesempatan untuk berjabat tangan dengan pak menteri.

Pada kegiatan Temu Karya Pemenang Lomba Penghijauan dan Konservasi Alam Wana Lestari, I Nyoman Ardika berkesempatan hadir pada Pidato Kenegaraan Presiden RI di Ruang Nusantara DPR, Jakarta, Selasa, 16 Agustus 2011. Beberapa acara yang juga diikuti diantaranya mengikuti upacara 17 Agustus di Istana Merdeka, mengikuti acara Silaturahmi dengan Presiden, berkunjung ke Museum di Manggala Wanabakti, Kemenhut, dan wisata di Taman Mini Indonesia Indah.   

Pemenang lomba tingkat Provinsi Sulawesi Tengah lainnya yang ikut Temu Karya di Jakarta adalah: (1)Penyuluh Kehutanan: Darma Lasipu, dari Bapeluh Kab. Tolitoli. (2) Kelompok Tani Hutan Penghijauan: Ishak AR. Galingki, dari KTH Jati Belosinggani Kab. Poso. (3) Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat: Musbahtiar, dari Kab. Parigi Moutong. (4) Kader Konservasi Alam: Supriyarti S. Pairunan, SH, dari Kota Palu. (5) Kelompok Pecinta Alam: Sri Rahayu Baculu, S.Sos., dari KPA Wanabakti Eucalyptus Kota Palu. (6) Desa Peduli Kehutanan: Sudisman Rante, dari Desa Toini Kec. Poso Pesisir Kab Poso.

Lomba penghijauan dan konservasi alam wana lestari diselenggarakan setiap tahun oleh Kementerian Kehutanan untuk memberikan penghargaan kepada unsur aparatur dan  masyarakat  yang terlibat langsung dalam pembangunan kehutanan. Penialaian lomba ini dilaksanakan secara berjenjang dari tingkat kabupaten/kota dan pemenangnya akan diajukan untuk lomba tingkat provinsi, dan pemenang tingkat provinsi diajukan untuk lomba tingkat nasional.

Semoga para pemenang lomba dapat berpengaruh positif dalam meningkatkan peranserta masyarakat dan aparatur dalam mendukung pembangunan kehutanan. 

About Noer

Salah seorang warga Kota Palu - Provinsi Sulawesi Tengah. Memiliki mimpi menyaksikan terwujudnya kelestarian keanekaragaman hayati, dan kemajemukan masyarakat yang damai serta sejahtera ...

Diskusi

One thought on “Polisi Kehutanan Sulawesi Tengah Juara Nasional Wanalestari 2011

  1. terimakasih kepada semua pihak yg telah mengantarkan sdr I Nyoman Ardika mencapai penghargaan wanalestari yang terpenting adalah mengaktualisasikan pengakuan tersebut tanpa harus puas dengan penghargaan….

    Posted by I Nyoman Ardika | 11 Mei 2015, 22:52

Silahkan Ketik Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: