Konservasi Alam

Sasaran Pembangunan Kehutanan Sulawesi Tengah

Berdasarkan Perda Nomor 2 tahun 2004 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Propinsi (RTRWP) 2001 – 2011 dan Surat Keputusan Menteri Kehutanan dan Perkebunan Nomor : 757/Kpts-II/1999 tanggal 23 September 1999 tentang Penunjukan Kawasan Hutan di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah disebutkan bahwa luas kawasan hutan Provinsi Sulawesi Tengah adalah 4.394.932 ha atau sekitar 64% dari wilayah Provinsi (6.803.300 ha). Agar potensi hutan ini memberikan manfaat kepada masyarakat, maka sasaran pembangunan kehutanan Provinsi Sulawesi Tengah adalah sebagai berikut:

  1. Terwujudnya kepastian hukum akan status dan fungsi kawasan hutan serta penegakan supremasi hukum (Law Enforcement) dibidang kehutanan.
  2. Terwujudnya kondisi penutupan hutan yang cukup untuk mendukung fungsi lindung dari resiko bencana dan fungsi daya dukung ketersediaan air dalam menunjang upaya revitalisasi sektor dan lintas sektor serta penumbuh kembangan peluang-peluang usaha dan lapangan kerja di dan lintas pedesaan di sekitar kawasan hutan, baik produksi, lindung maupun konservasi.
  3. Terberdayakannya keanekaragaman potensi kawasan (sumberdaya) hutan sesuai fungsi dan manfaatnya dalam mendukung diversifikasi ekonomi pedesaan dan menjadikan efek pengganda (Multiple Effect) menjadi sumberdaya produktif alternatif untuk menggerakkan berkembang dan menguatnya ekonomi sektor riil mulai dari pedesaan sekitar hutan.
  4. Terbangunnya manfaat hubungan yang saling menguntungkan (symbiosa mutualistis) secara sosial, ekologis dan ekonomi antara masyarakat (khususnya masyarakat sekitar hutan) dengan hutan yang mewujud dalam penguatan pengakuan keberadaan kawasan hutan (de jure and de facto) yang menjadi modal awal revitalisasi kehutanan.
  5. Terbangunnya iklim kondusif dalam pengelolaan kawasan hutan yang didukung sistem reward and punishment yang berpihak pada pengelolaan hutan sebagai sumber bahan baku dan daya dukung lintas sektor secara efisien, dan sekaligus menekan beragam tindakan yang berakibat negatif pada menurunnya efisiensi upaya optimalisasi fungsi dan manfaat hutan, terkait dengan peningkatan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat secara luas.
  6. Terwujudnya kebutuhan keberadaan sumberdaya hutan dalam luasan yang cukup dan tersebar secara proporsional yang menjadi alternatif sumber peningkatan pendapatan, namun tetap berwawasan atau ramah lingkungan.
  7. Terwujudnya peningkatan keikutsertaan atau partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan keputusan kebijakan pembangunan kehutanan.
  8. Terciptanya peningkatan kapasitas pengelolaan sumber daya aparatur kehutanan yang profesional kompeten dan amanah.
  9. Terkelolanya sumber dana dan pembiayaan pembangunan secara transparan, akuntabel, profesional dan efisien.
  10. Terciptanya sistem kelembagaan dan ketatalaksanaan pemerintahan yang bersih, efisien, efektif, transpran, profesional dan akuntabel.
  11. Tercapainya optimalisasi nilai tambah dan manfaat hasil hutan kayu.
  12. Tercapainya peningkatan hasil hutan non kayu.
  13. Terwujudnya peningkatan luas hutan tanaman dan penyelesaian penetapan kesatuan pemangkuan hutan sebagai acuan pengelolaan hutan produksi.

About Noer

Salah seorang warga Kota Palu - Provinsi Sulawesi Tengah. Memiliki mimpi menyaksikan terwujudnya kelestarian keanekaragaman hayati, dan kemajemukan masyarakat yang damai serta sejahtera ...

Diskusi

2 thoughts on “Sasaran Pembangunan Kehutanan Sulawesi Tengah

  1. Sulteng dapet Program Gerhan. Sudah dari dua tahun yg lalu program ini sudah gak ada mbak.

    Posted by Noer | 18 Oktober 2011, 23:10
  2. ternyata luas juga hutan di sulawesi tengah ? bukanya dapat program gerhan/GNRHL juga yaaa ?

    Posted by yunie | 18 Oktober 2011, 22:45

Silahkan Ketik Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: